Folder icon  Buku Tamu

Langganan artikel via e-mail

masukan alamat e-mail anda

by FeedBurner

Rabu, Oktober 21, 2009

Facebook vs Friendster


Facebook situs sosial networking nomor satu setelah friendster.
Begitu pula Friendster, situs sosial networking nomor satu sebelum hadirnya FB. Bukan berarti Friendster telah mati, justru FS kini menawarkan fasilitas-fasilitas baru.
Jika keduanya dibandingkan??? :t bagus mana ya????

FACEBOOK


Facebook ditemukan pada tahun 2004 oleh seorang murid Harvard, Mark Zuckerberg, di Cambridge, Massachusetts. Awalnya, nama web sosial pencari teman ini adalah 'Thefacebook' sebelum akhirnya diganti menjadi 'Facebook'.

Menurut sebagian orang, Facebook terasa lebih nyaman dibandingkan dengan friendster. Keharusan penggunaan nama sendiri dibandingkan nickname atau nama samaran membuat kita dapat mengenal dan mengetahui profil orang yang sebenarnya. Kemudahan kustomisasi themes di friendster, walaupun disatu sisi merupakan fasilitas yang membebaskan orang untuk berkreasi namun disisi lain terkadang membuat situs tersebut menjadi tidak menarik alias terlalu “rame”. Tapi ini semua tentunya kembali kepada masing - masing pribadi orang.

Beberapa tokoh dan figur terkenal telah menggunakan facebook. Diantaranya tokoh politik, tokoh internet, manajemen perusahaan terkenal, pembaca berita dan selebritis. Sebut saja, Soetrisno Bachir, Maia Estianty, Katon Bagaskara, Hermawan Kartajaya, Onno W. Purbo dll. Dengan facebook adalah menjalin networking dengan beberapa orang -orang terkenal yang mungkin sulit dilakukan dengan tatap muka langsung.
Kelebihan:

1. Bisa chat langsung di dalem FB-nya.
2. Tampilannya lebih modern.
3. Application-nya banyak tapi 'bermakna' semua (contoh: idescribe, nicknames, gift)
4. Ada wall-to-wall. dimana komentar via wall-to-wall ini bisa di komen lagi, jadi kayak converence gi tu deEh.. :D
5. Kalau nulis di wall ngga ada batasan berapa katanya.

Kelemahan:

1. Kalau mau masuk ke suatu network.. misalkan network sekolah, itu harus nge-add temen yang satu network dan temen yang di-add itu harus nge-konfirm kalau orang yang baru ganti network itu bener-bener sekolah di situ.
2. Kalo belom jadi temen, ngga bisa liat profilenya.
3. Facebook ga bisa jalan di Opera.


Friendster


Friendster ditemukan oleh Jonathan Abrams di tahun 2002 di Mountain View, California. Friendster merupakan web sosial pencari teman pertama di dunia.

Kelebihan:
1. Daftar akun bisa menggunakan e-mail palsu. tidak seperti FB harus memverifikasi terlebih dahulu untuk menjadi member resmi
2. Layoutnya bisa diubah-ubah sesuai selera

Kelemahan:
1. Nama anggotanya kacau, Karena ngga ditulis 'Harus memakai nama asli'.
2. Banyak spam-nya.
3. Application friendster itu.. pointless. Ga berguna. Tapi sekarang ??? :t tanya saja yang masih menggunakan FS ... :r
4. Di profile, bisa ditambahin apa aja. Maka banyak yang nambahin bling-bling segala yang bisa bikin loading page jadi lama.
5. Kalau nyari anggota lain, ngga efisien.

Ya, mungkin hanya ini seputar FB vs FS. mana yang lebih bagus...terserah anda yang menilai. ;)

Related Posts by Categories



1 komentar:

Unknown on 22 Oktober 2009 pukul 09.33 mengatakan...

Facebook..lebih keren sob.. lebih beriteraksi antar sesama user..lebih LIVE.. ;-).. btw komen baliknya ditunggu ada posting baru di blog-ku..okay

Posting Komentar


 

Rholaz Mania Copyright © 2008 D'Black by Ipiet's Blogger Template