Folder icon  Buku Tamu

Langganan artikel via e-mail

masukan alamat e-mail anda

by FeedBurner

Selasa, Oktober 20, 2009

Makin gaul berkat Facebook


ilustrasi-demam-facebookBeberapa tahun belakangan ini kita sering mendengar tentang social networking facebook,yang fungsinya kira-kira hampir sama dengan friendster. Hampir semua orang membicarakan facebook, di tempat chating di forum, di kantin, di lapangan upacara, bahkan di WC pun orang orang berbicara tentang Facebook. Sampai sampai si Igor Saykoji bikin lagi yang judulnya Online di mana di dalam liriknya disebutkan “pagi pagi buka facebook padahal face masih ngantuk.”



Bukan tanpa alasan Yongki terus-terusan online di depan komputer yang telah tersambung dengan internet. Ya, Yongki, alumni salah satu SMA di Jakarta yang menetap di Pekanbaru ini tengah asyik dengan ‘permainan’ barunya itu.

Yongki baru saja mendapatkan informasi dari teman-temannya kalau di situs pertemanan facebook yang booming sejak beberapa bulan lalu itu lebih friendly user, alias lebih mudah digunakan.

Apaan sih facebook? Itu adalah situs web jaringan sosial yang diluncurkan pada 4 Februari 2004 dan didirikan oleh Mark Zuckerberg, seorang lulusan Harvard dan mantan murid Ardsley High School.

Awalnya, facebook keanggotaannya dibatasi untuk siswa dari Harvard College. Dalam dua bulan selanjutnya, keanggotaannya diperluas ke sekolah lain di wilayah Boston AS (Boston College, Boston University, MIT, Tufts), Rochester, Stanford, NYU, Northwestern, dan semua sekolah yang termasuk dalam Ivy League.

Malu Dibilang Gaptek
Di kalangan pelajar kota ini, facebook sebenarnya tidaklah baru. Situs ini udah nongol sejak 5 tahun lalu. Namun, facebook seakan ’’meledak’’ drastis seiring terplihnya Presiden AS, Barrack Obama. Sang Presiden yang pernah sekolah di Jakarta pada masa kecilnya ini menjadi makin populer juga berkat dunia facebook ini. Wajahnya dikenal berkat facebook, sampai isi kampanyenya pun beredar luas seketika via facebook.

Tapi, itu Presiden Barack Obama. Bagaimana dengan para responden DetEksi (responDet)? Vella misalnya, siswa SMAN 4 Pekanbaru ini bergabung dengan facebook karena teman-teman sekelasnya pada bertanya-tanya, “Udah punya Fb (facebook, red) belum?”

“Karena aku belum punya, makanya aku cepetan bikin biar bisa ikutan gaul. Kalo sampai dibilang gaptek, malu-maluin kan,” katanya.
Walau begitu, Fb tetap jadi yang utama bagi cewek berjilbab ini. Doski seneng banget berselancar di dunia Fb. Bisa kenalan dengan siapa aja, termasuk juga dri seberang benua.

“Siapa tahu bisa kenal dengan cowok bule,” katanya sambil cekikikan.
Sama halnya dengan Yuni. Temaan satu sekolah Vella ini juga udah jatuh cinta dengan facebook. “Teman-teman di Fb lebih banyak, lebih transparan dan lebih seru. Pokoknya yang nggak ada di Fs (friendster, red), ada di Fb deh,” ucapnya sambil tersenyum.

Tapi kata Yani, kalo soal tariff untuk online di hape, ternyata emang lebih murah friendster. “Ya friendster dong, Fs lebih murah. Tapi, kalo udah jatuh cinta dengan FB, jadinya nggak apa-apa deh bayar lebih mahal,” ucap cewek yang duduk di kelas XI ini.

Komentar berbeda diungkapkan cowok berkacamata dari kelas XII IPA 2 SMAN 7 Pekanbaru, Redo. Doski bilang, ikutan di situs facebook biar dirinya bisa tambah gaul dan nambah wawasan.

Redo juga mengungkapkan, Fb itu bagus banget situsnya, selain tampilanya, fiturnya lebih mantap ketimbang Fs. Tapi walaupun begitu, baginya Fs tetaplah jadi yang utama.

“Karena pertama kali gabung di situs pertemanan, aku gabung di friendster,” katanya.

Lebih Simpel
Konfigurasi situs facebook yang simpel dan mudah digunakan, membuat setiap jam netter di seluruh dunia bergabung di situs ini. Wendi misalnya, mahasiswa Pekanbaru ini begitu antusias dengan program social network ini.
“Fiturnya unik dan nggak ribet. Aku bisa betah lho berlama-lama di depan computer demi facebook,” katanya.

Beda Wendi, beda pula Yongki. Doski bilang, bergabung ke facebook lebih karena situs itu mudah diakses di ponsel.
“Bentuknya disesuaikan dengan kondisi handphone, akses lebih mudah dan cepat dibanding mengakses website dengan tampilan desktop dari handphone,” jelasnya.

Selain itu, facebook juga nggak disesakin iklan, banner, atau gambar mencolok. Facebook juga memiliki block atau fitur yaitu flayer untuk mengiklankan sesuatu tapi pengguna tidak akan menyangka itu adalah iklan.

Kelebihan facebook emang bejibun. Di situs facebook, clean layout, layout yang sangat baik walaupun ada beberapa menu yang posisinya tidak gampang ditemukan. Pada awal pembuatan account kita disuruh memilih jaringan utama kita berdasarkan negara. Dengan fitur ini kita dengan mudah menemukan teman yang berada di Indonesia.

Juga ada mobile access, fitur yang sangat mobile. Kita bisa update status, add friend, atau kegiatan di facebook lainnya dengan mengirim SMS. Hampir sama dengan SMS banking.

Kekurangannya, pada saat sign up terkadang membingungkan para pengguna yang awam dan di sisi layout, facebook kurang friendly sama orang yang suka gonta ganti background dan layout. Sehingga terasa lebih monoton.


sumber

Related Posts by Categories



0 komentar:

Posting Komentar


 

Rholaz Mania Copyright © 2008 D'Black by Ipiet's Blogger Template